Finalis 15: Menorehkan Tinta Peradaban di Dunia Maya

Jika kau bukan anak raja dan bukan anak ulama besar, maka menulislah! (Al-Ghazali)
Yup! Saya bukanlah anak dari orang yang terkenal, sehingga kelahiran saya tak membuat saya lantas dikenal oleh orang banyak. Tentu, kecuali para tetangga yang tak seberapa banyak dibanding dengan banyaknya orang yang mengenal anak selebriti yang bahkan sejak dalam kandungan pun sudah bisa diajak mencari uang. Melalui iklan atau endorsement misalnya. Hehe
Meskipun tidak terobsesi besar untuk menjadi terkenal, tapi keinginan untuk dikenal saya rasa adalah sifat dasar setiap manusia. Perbedaannya hanyalah pada seberapa energinya untuk mendorong seseorang melakukan sesuatu agar dikenal. Dan, saya adalah salah satunya. *narsis*
Sejak tahun 2009 saya sudah belajar menulis blog. Saat itu, tidak banyak yang bisa saya tulis, paling hanya pelajaran kuliah. Harapan besar muncul semoga ada yang memasang iklan di blog saya sehingga saya bisa menghasilkan uang. Tentu, selain rajin memburu beasiswa. Ya, sebagai mahasiswa dengan uang pas-pasan, kala itu obsesi saya adalah bisa menghasilkan uang melalui blog. Ternyata, tidak semudah yang saya bayangkan. Meskipun tawaran melakukanreview produk dan menulis artikelpernah saya jajaki, tapi tawaran datang tidak rutin. Dan, lomba tidak selalu menang. Apalagi SEO sudah pasti hanya sebagai peserta. Hehe
Namun, saya yakin apapun yang dilakukan dengan tekun dan konsisten, lama-lama akan mendatangkan rejeki tersendiri. Yup! Akhir tahun 2013 seorang wartawan dari stasiun TV swasta nasional menghubungi saya untuk meliput kegiatan dan usaha saya. Katanya, tahu saya dari blog! WOW…!!! Blog saya ternyata terbaca juga oleh orang yang tepat. Xixi…
Berikut video liputan pertama saya yang didasari dari menulis blog!
Kalau dipikir-pikir, memang tidak ada yang instan. Setidaknya 4 tahun saya menulis, barulah saya menikmati sesuatu hal yang sangat besar dalam hidup saya. Meskipun, selama 4 tahun berjalan membuat saya selalu bersyukur juga lho. Karena review produk dan menulis artikel juga menyumbang pundi-pundi rupiah yang tidak kecil juga. *bukan sombong lho ya. Hanya memotivasi :p*
Lima tahun berjalan menulis blog. Akhirnya saya mendapatkan kesempatan ke Wakatobi secara GRATIS untuk 2 orang. Waktu itu saya mengajak ayah saya. Sesuatu yang menakjubkan bukan? Semua saya dapat berkat ikut lomba menulis!
diving, wakatobi
Plus, saya mendapatkan kesempatan dibuatkan video profile dan pelatihan bisnis selama 3 bulan di Jakarta.
Hmm…. Sesuatu yang tidak pernah saya duga sebelumnya! Saya memang belum berhasil menarik minat pengusaha untuk memasang iklan di blog saya. Tapi, hadiah dari buah kesabaran menulis di atas patut disyukuri bukan? Di sinilah kita harus memulai! Tak ada ilmu paling dahsyat selain #BERANILEBIH untuk MEMULAI MENULIS. Karena seperti belajar sepeda atau menyetir misalnya. Semakin kita sering berlatih, maka akan semakin lihai. So, tunggu apalagi sobat?
Setiap penulis akan mati. Hanya karyanyalah yang abadi. Maka tulislah sesuatu yang membahagiakan dirimu di akhirat nanti. (Ali bin Abi Thalib)
Instagram : Makarame
Facebook : Anita Lusiya Dewi
Twitter : @makarame_

Comments