#BeraniLebih: Komunitas Light of Women Gandeng Sense for Money-Praxis Berikan Edukasi Perencanaan Keuangan untuk Perempuan Melalui Permainan Simulasi Keuangan


PRESS RELEASE

Jakarta, 12 September 2015 - Komunitas Light of Women bersama Sense for Money-Praxis hari ini mengadakan lokakarya komunitas mengenai edukasi perencanaan keuangan untuk perempuan di Hotel Amazing Koetaradja di Gondangdia, Jakarta. Program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi finansial perempuan agar mereka dapat mengelola keuangan pribadi, bisnis, dan keluarga secara lebih tepat dan meningkatkan kualitas hidup.

“Jumlah tenaga kerja perempuan di Indonesia semakin meningkat, mulai dari sektor UMKM hingga perusahaan multinasional. Hal itu semakin menegaskan bahwa perempuan memegang peranan penting di keuangan bisnis. Dalam lingkup rumah tangga, perempuan juga berperan besar dalam pengambilan keputusan keuangan keluarga. Untuk itu, perempuan harus memiliki literasi perencanaan keuangan yang selalu update agar dapat memilih produk dan layanan keuangan secara cerdas serta sesuai dengan kebutuhan diri sendiri, bisnis, maupun keluarga,” ujar Nurmala Sari Siregar, Pendiri Komunitas Light of Women.

“Kami menyadari bahwa waktu sangat berharga untuk perempuan. Jadwal aktivitas perempuan semakin padat dan harus dibagi-bagi lagi untuk diri sendiri, karir, lingkungan sosial, dan keluarga. Untuk tetap bisa membekali perempuan dengan edukasi perencanaan keuangan, kami menghadirkan Praxis. Praxis merupakan permainan edukasi unik yang melibatkan peserta dalam simulasi keuangan kehidupan. Setelah 60 menit bermain Praxis, peserta akan lebih memahami jenis-jenis produk keuangan dan pengelolaan uang yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas diri maupun mengembangkan aset,” ujar Puti Safira, perwakilan Sense for Money-Praxis yang juga volunteer pengajar di Komunitas Light of Women.

Lokakarya komunitas ini merupakan bagian dari rangkaian program pemberdayaan perempuan #BeraniLebih yang rutin dilakukan setiap bulan. Dengan tema yang berbeda-beda, rangkaian program #BeraniLebih membekali peserta dengan berbagai keterampilan dan ilmu pengembangan kapasitas diri. Komunitas Light of Women membuka pintu untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak yang peduli dan berkomitmen terhadap pemberdayaan perempuan dan pendidikan anak-anak. Rangkaian program ini terbuka untuk siapa saja, khususnya para perempuan yang telah menjadi anggota komunitas Light of Women.


“Kami memotivasi perempuan untuk lebih menyadari bahwa mereka memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas hidup generasi penerus bangsa, tidak hanya di perkotaan tapi juga di pedesaan, di seluruh Indonesia. Dengan menyadari hal tersebut, perempuan bisa menjadi lebih semangat dan berani untuk mengembangkan diri serta memberikan kontribusi positif kepada diri sendiri, keluarga, dan masyarakat,” ujar Nurmala Sari Siregar.

Comments