Gerakan #BeraniLebih: Komunitas Light of Women Bekali Peserta Rumah Pelatihan Perempuan dengan Pengalaman Kewirausahaan

SIARAN PERS



Jakarta, 13 Juni 2015 ─ Komunitas Light of Women hari ini menyelenggarakan acara Light of Women Gathering di Pecenongan, Jakarta Pusat, guna berikan pengalaman kewirausahaan kepada para ibu rumah tangga peserta Kelas Pelatihan Memasak program Rumah Pelatihan Perempuan. Mengusung tema #BeraniLebih, acara ini merupakan rangkaian dari program pemberdayaan perempuan pra sejahtera yang berfokus pada pengembangan kapasitas diri melalui pelatihan keterampilan dan kewirausahaan.

“Gerakan #BeraniLebih merupakan perwujudan dari misi Komunitas Light of Women, yaitu memotivasi dan memfasilitasi perempuan Indonesia untuk berkontribusi positif agar mereka dapat hidup mandiri serta bermanfaat dalam masyarakat. Perempuan merupakan merupakan sosok yang berperan penting dalam proses pembentukan generasi penerus bangsa. Untuk bisa memaksimalkan perannya, perempuan harus memiliki keahlian dan mandiri secara ekonomi,” ujar Nurmala Sari Siregar, Pendiri Komunitas Light of Women.

Pada acara ini, peserta Kelas Pelatihan Memasak Rumah Pelatihan Perempuan diberikan kesempatan untuk mempraktikkan hasil pelatihan keterampilan, yaitu melatih kekompakkan dalam pengaturan keuangan, memproduksi makanan dan minuman untuk dijual, merencanakan strategi penjualan makanan, merancang desain booth penjualan, hingga berinteraksi langsung untuk menjual produk mereka ke para profesional perempuan yang hadir sebagai tamu.

“Setelah tiga bulan mengikuti kelas Pelatihan Memasak, kapasitas diri para ibu rumah tangga peserta Kelas Pelatihan Memasak semakin berkembang. Tidak hanya belajar mengenai pengetahuan mengolah masakan dengan lebih kreatif, mereka juga jadi lebih mengenal dunia kewirausahaan secara terukur, mulai dari proses bertukar ide, perencanaan strategi, eksekusi ide, hingga tahap evaluasi,” ujar Puti Safira, profesional perempuan yang juga relawan pengajar Kelas Pelatihan Keterampilan Memasak.

Selain peserta Kelas Pelatihan Memasak, Komunitas Light of Women juga memberikan kesempatan bagi anggota komunitasnya untuk ikut serta membuka booth.

“Kegiatan gathering rutin kami lakukan minimal satu bulan sekali untuk menjaga anggota Komunitas Light of Women selalu mengetahui perkembangan program-program pemberdayaan kami. Kali ini kami mempersilakan peserta Rumah Pelatihan Perempuan dan anggota komunitas membuka booth untuk menjual berbagai produk seperti makanan, pakaian, dan kerajinan tanganMinimal 30% hingga 100% hasil penjualan akan dikumpulkan untuk dana pengembangan program pemberdayaan kami,” ujar Sri Rosa Dewi, Wakil Pendiri Komunitas Light of Women.

Pada kesempatan yang sama, Komunitas Light of Women juga memberikan apresiasi terhadap blogger yang telah ikut serta dalam Kompetisi Tulisan Pendek #BeraniLebih di Blog. Kompetisi yang berlangsung sejak tanggal 19 Maret 2015 hingga 30 Mei 2015 ini berhasil mengumpukan lebih dari 350 tulisan pendek dari blogger di berbagai daerah di Indonesia seperti Bengkulu, Samarinda, Surabaya, Bali, dan masih banyak lagi.

Dengan juri Life Coach dan Pembina Komunitas Light of Women Ely Susanti, Pendiri Komunitas Light of Women Nurmala Sari Siregar, serta Penulis dan publicist Sica Harum, terpilih enam bloggers dengan tulisan pendek yang inspiratif. Para pemenang adalah Yati Rahmat dengan #BeraniLebih Percaya Diri Walau Tanpa Gelar, Ayunin Jafar dengan Saatnya #BeraniLebih Belajar, Dwi Rahmawati #BeraniLebihMenciptakan Usaha, Amtina Fathul Latifa dengan #BeraniLebih Banyak Berkontribusi, Emma Hakim dengan #BeraniLebih Tekun Menggali Potensi Diri, dan Relinda Puspita dengan Percaya Diri Untuk Bepergian Sendiri. Tulisan pendek yang terpilih nanti akan diabadikan menjadi sebuah buku. Komunitas Light of Women berharap tulisan-tulisan pendek tersebut bisa dibaca oleh lebih banyak orang dan menjadi motivasi untuk terus berkontribusi positif, baik untuk diri sendiri maupun masyarakat.


Comments