Finalis 9: #BeraniLebih Tekun Menggali Potensi Diri

Assalamualaikum,

Hari gini bukan jamannya lagi minder jadi IRT. Justru saya sendiri merasa apa yang saya capai saat ini berawal dari keputusan untuk menjadi ibu rumah tangga. Bahkan ketika beberapa orang berorientasi pada uang sekalipun, maka ibu rumah tanggapun bisa jadi mempunyai penghasilan sendiri dari rumah. 

Sudah banyak contohnya, tak perlu saya sebutkan. Mulai dari yang buka online shop via media sosial, ibu-ibu blogger yang rajin nulis, yang banyak memperoleh saweran dari hasil job reviewnya, yang barangkali juga ngetiknya sambil nunggu masakan rendangnya matang. Ya barangkali ada yang begitu, hehe. Atau ibu-ibu rumah tangga yang berhasil dengan usaha rumahannya sambil ngurus anak di rumah.

Satu hal yang harus kita pahami bahwa rezeki itu Allah yang memberi, bukan atasan atau bos kita. Artinya sebagai ibu rumah tangga pun boleh jadi mempunyai penghasilan layaknya orang kantoran.

Nah bagaimana caranya?? Kalau saya pribadi maka saya harus #BeraniLebih Tekun Menggali Potensi. Saya menyadari bahwa sebagai IRT, waktu banyak tersita untuk urusan domestik. Tapi bukan berarti tidak ada waktu untuk me time kan???

Nah, manfaatkanlah me time ini untuk hal-hal yang positif dan menyenangkan. Ada banyak hal positif yang bisa dilakukan di rumah. Seperti misalnya :

Tekuni dan Kembangkan Hobi
Setiap orang pasti punya hobi atau kesenangan. Bagi yang hobi masak mungkin bisa mencoba-coba resep baru. Tidak sedikit IRT yang sukses usaha catering
rumahan. Bagi yang hobi menulis, bisa dimulai dengan nge-blog. Kalau saya sendiri hobi di dunia jahit dan craft. Dan sayapun masih terus mengasah kemampuan di sela-sela kesibukan domestik.

Menjahit selalu jadi me time favorit.


Kursus dan Worshop

Saya beberapa kali mengikuti workshop dan kursus bidang craft yang saya suka. Setelah kursus atau workshop biasanya saya merasa "ternyata saya bisa" sambil tersenyum semangat. Dan saya akan mengulanginya kembali di rumah jika ada waktu luang.
Workshop membuat kalung, gelang dr batu dan manik manik. Serunya bermain tang, hehe 
Belajar merajut bareng si kecil
Workshop membuat dompet handmade 
Workshop quilting dan patchwork
Asyiknya belajar scrapbook


Blogwalking dan Browsing
Saya kira hari ini sebagian besar telepon genggam sudah bisa dipakai untuk internetan. Nah, kalau saya pribadi sering blogwalking dan browsing di saat me time bahkan di sela sela masak juga sering. Sambil nunggu daging yang direbus barangkali, hihii.. Hal ini cukup membuka pikiran saya akan banyak hal, sekaligus memperoleh ide dan inspirasi baru. Jadi tambah ilmu kaaaan..

Bergabung Dengan Komunitas
Status saya sebagai IRT memungkinkan saya untuk memiliki waktu yang fleksibel untuk bisa bergabung di komunitas. Saat ini saya tercatat sebagai anggota dari 3 komunitas yaitu Komunitas Craft, Komunitas Blogger dan Komunitas Hidroponik. Dari sini saya memperoleh banyak kawan dan ilmu-ilmu baru.
Bergabung di komunitas semacam ini cukup mendongkrak semangat untuk terus belajar dan
belajar hal baru dengan tak lupa untuk berbagi.


Menang Giveaway saat kopdar
komunitas crafter
Bersama komunitas Quilting dan Patchwork
Seru-serusan berbagi ilmu saat kopdar


Yuk semangat,
Gali potensi kita..



Facebook: Emma Hakim

Comments