Finalis 11: #BeraniLebih Menjadi Seorang Minimalis

Jangan kaget melihat foto kamar dan isi lemari saya! Ya, saya adalah seorang minimalis :)
Menjalani gaya hidup minimalis itu butuh keberanian! Ini bukan masalah irit, pelit atau menyiksa diri. Tapi percaya diri untuk fokus pada hal-hal yang esensial saja. Yang lainnya? Buang! 

Seorang minimalis harus berani disebut ga gaul, ga fashionable, ga keren, pelit, ga punya duit, membosankan, dll. Problem? Sama sekali tidak! 
Keindahan sebuah barang tidak bisa membeli ringannya hidup saya tanpa barang-barang tidak berguna itu. 

Tidak Suka Menyimpan Banyak Barang
Ya, saya tidak suka menyimpan banyak barang. Semakin sedikit barang, saya makin suka. Melihat kamar saya bersih dengan sedikit barang saya merasa lapang! Melihat isi lemari saya hanya ada dua tumpuk baju dan celana saya merasa menang! Saya bangga tidak menjadi manusia konformis yang tunduk dan mengikuti apa yang dianggap keren dan tren dimata mayoritas. 
Saya tidak gampang tergiur melihat sepatu, tas, asesoris dan pernak-pernik lucu.
Saya justru melihat semua barang kurang berguna itu seperti tumpukan sampah! Gudang stress yang menyesakkan yang harus dihindari.
 

Membeli Barang sesuai Kebutuhan
Mungkin Anda akan terkejut melihat isi lemari saya. Hanya ada 2 tumpuk pakaian di dalam lemari. Saya amat sangat jarang membeli baju, bukan karena tidak ada uang tapi karena saya memang merasa tidak begitu membutuhkannya dan saya bukan pengikut tren fashion. Mungkin setahun hanya sekali dua kali saya beli baju dan sepatu baru. Dan tiap kali saya perlu membeli 1 baju, saya akan hibahkan 1 baju lain yang sudah tidak terpakai sehingga jumlah pakaian saya tidak akan bertambah dan menumpuk.

Rumput Saya Lebih Bagus dari Rumput Tetangga!
Saya bahagia dan bangga punya kesadaran untuk hidup esensial. Sedikit barang artinya sedikit stress, sedikit hal yang perlu diatur dan dibersihkan! Dan ini jauh lebih menyenangkan dari pada koleksi barang bagus tapi tidak berguna. 
Bersyukur dan bersyukur atas segala hal kecil yang kita punya, apapun itu. Karena bagi saya, semua benda di bumi ini bahkan tubuh kita hanyalah pinjaman. Sedikit barang berarti semakin bebas, sedikit beban dan mengurangi keterikatan. Hidup semakin bermakna, lapang, bebas, tenang dan damai.

Jadi intinya, seorang minimalist itu harus...

#beranilebih bebas dari keterikatan terhadap benda-benda tidak berguna.
#beranilebih cerdas untuk membeli barang sesuai kebutuhan
#beranilebih bersyukur dan hidup sederhana




twitter: lusianurma87

Comments